Kamis, 31 Maret 2016

Jendela Dunia



Buku adalah jendela dunia. Kuncinya adalah membaca. Membaca merupakan perluasan dari wawasan seseorang.


Dengan membaca maka akan memperoleh pengalaman dan hal baru dalam kehidupan, dan secara tidak langsung anda telah memasukkan dunia dalam pikiran anda, karena buku adalah jendela dunia yang membuat anda akan tahu segala hal yang anda tidak ketahui.

Sepeti apa yang dipaparkan oleh Santo Augustinus bahwa "Dunia adalah sebuah buku, dan mereka yang tidak melakukan perjalanan hanya membaca sebuah halaman". Dari paparan tersebut sudah jelas bahwa kita dituntut untuk terus membaca dan membaca agar wawasan tidak sempit dan anda akan dapat menemukan banyak ilmu baru didalamnya. Pikiran yang luas akan menjadikan hidup anda luas dan tak terbatas.  Belajar tidak kenal usia dan waktu, baik anak kecil, dewasa, dan orang yang sudah berumur, selagi masih bernafas, maka anda pun harus memperbanyak wacana. Misalkan untuk pemula yang biasanya tidak suka membaca, maka bisa diawali dengan membaca novel atau cerita fiksi yang sekiranya bisa membuat nyaman. Maka jika anda biasakan membaca setiap hari, lama-kelamaan anda akan terbiasa dengan buku. Naah, setelah anda sudah terbiasa dengan buku dan begitu banyak wawasan yang anda punya, banyak referensi yang anda miliki, anda bisa menulis dan berbagi ilmu serta pengalaman kepada banyak orang, banyak pengetahuan yang anda share dan itu akan bermanfaat sekali bagi para pembaca.

Membaca adalah salah satu modal bagi kita untuk semakin mencintai ilmu.
Imam Ali berkata : "Tubuh kita selalu melewati enam keadaan, yakni sehat, sakit, hidup, tidur, dan bangun. Hidupnya hati adalah berkat bertambahnya ilmu, dan matinya adalah akibat ketiadaan ilmu. Sehatnya hati adalah berkata keyakinan, sakitnya adalah keraguan. Tidurnya hati adalah kelalaian, dan bangunnya hati berasal dari dzikir yang dilakukan".

Ada banyak sekali manfaat dari membaca :
1.  Melatih otak
Dengan membaca maka akan dapat melatih otak anda dan secara tidak langsung anda akan berimajinasi dan itu sangat baik untuk pengembangan otak.

2.  Meningkatkan memori
Banyak membaca maka anda akan banyak mendapatkan pengetahuan dan hal yang baru, dan kemampuan mengingat akan semakin tinggi.

3.  Menambah kosakata
Dengan banyaknya kosakata yang anda dapatkan dari membaca buku, maka akan mempermudah anda dalam membuat tulisan.

4.  Meningkatkan kemampuan menulis
Perbanyak membaca, maka anda akan mudah untuk membuat tulisan-tulisan dan kemampuan membuat tulisan anda baik seperti pada segi bahasanya.

5.  Memberikan banyak inspirasi
Jika anda sedang membutuhkan banyak inspirasi, maka solusinya adalah membaca. Apalagi kalau bacaan tersebut mengandung kisah inspiratif yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda.

6.  Membuat anda tenang
Membaca buku akan menciptakan suasana damai dan tenang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membaca buku spiritual bisa menurunkan tekanan darah , meningkatkan mood, mengurangi depresi, dan menenangkan pikiran anda.

Ayo guys budayakan membaca, bagi yang suka membaca ayo lebih ditingkatkan lagi membacanya.  Saya sendiri belum begitu akrab dengan yang namanya buku, untuk itu saya menulis artikel ini sebenernya agar saya dapat memotivasi diri saya sendiri khususnya dan umumnya untuk pembaca blog saya ini agar kita semua bisa tahu betapa pentingnya membaca itu. Buktikan kalau kita bisa dan cukup berani untuk memberantas sifat malas dalam diri kita. ^_^ see you next post. Semoga bermanfaat. (emje-01/04/16)


Sumber :
https://hary84.wordpress.com/2007/07/16/buku-jendela-ilmu-tiada-batas/
http://sehatkancantik.blogspot.co.id/2014/10/10-manfaat-membaca-buku.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar