Senin, 04 April 2016

Pengertian Manajemen Pemasaran Global


Pemasaran global adalah pemasaran berbentuk universal yang memfokuskan pada sumberdaya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.

Pemasaran global didasarkan pada orientasi geosentris dan berfokus pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta pada melakukan adaptasi terhadap apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara. Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik. Keputusan untuk masuk pasar luar negri tergantung pada sumberdaya perusahaan serta sifat peluang dan ancaman yang dihadapi.


Dimensi utama dalam pemasaran global :
1. Lingkungan pemasaran global
2. Segmentasi pasar global
3. Pemasaran dengan sasaran global
4. Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
5. Bauran pemasaran global
6. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global



Pemasaran yang sukses bergantung pada seberapa kuat hal itu bertumpu pada hal-hal yang fundamental. Berikut ini adalah beberapa trend yang harus dipertimbangkan  pada saat melakukan pemasaran global.
1. Perhatikan konteksnya
Yaitu tentang bagaimana perbedaan kultur, hukum, komunikasi, dan ekonomi semua ini menyebabkan tantangan dalam memformulasikan strategi pemasaran.

2. Kebudayaan
Kita tentunya sudah mengenal bagaimana budaya dalam negri kita, akan tetapi untuk memasuki pasar global kita tentu juga harus mengetahui bagaimana kebudayaan negara lain dan bagaimana perilaku konsumennya di negara tersebut. Misal di Amerika kita bisa membuat lelucon tentang mertua, namun di jepang hal ini tidak diperkenankan karena ibu mertua sangat dihormati dan respect ditujukan kepada lansia.

3. Peraturan
Kita harus memperhatikan peraturan setempat misalnya ada beberapa negara yang membatasi jumlah iklan yang dilancarkan dari perusahaan dalam periode per jam maka hal ini dapat menghambat strategi pemasaran kita. Maka hal itu penting sekali mempertimbangkan perbedaan peraturan walaupun kecil, karena ini dapat membantu atau merusak strategi kita.

3. Gaya komunikasi
Komunikasi tentunya sangat berbeda dari satu negara dengan negara lain. Di italia, misalnya orang membicarakan masalah keluarga dahulu sebelum berbicara bisnis, kalau di jepang apalagi, tetapi kalu di Amerika hal ini tidak menjadi masalah. Jadi kita harus berhati-hati dalam berkomunikasi , karena itu sangat mempengaruhi strategi pemasaran kita.

3. Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan atau keadaan ekonomi membuat perilaku pasar berbeda dari satu negara ke negara lain. Contoh bila produk kita baik di negara kita, itu belum tentu baik di negara orang lain.


Sumber :
www.academia.edu
https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/02/03/pemasaran-global-philip-kotler-dkk/

1 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/korut-lanjut-kembangkan-nuklir-di-2018.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ada-hak-veto-pbb-dinilai-tak-demokratis.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kabar-buruk-cedera-jesus-dan-de-bruyne.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus