Pada umumnya istilah internasional dan global mengandung pengertian yang sama yang sering dipertukarkan satu dengan yang lainnya. Dan bahkan bagi kita, para akademisi pemasaran global,istilah tersebut sering dianggap sama artinya bila kita sedang membicarakan sesuatu yang umum berkaitan dengan konteks pasar di luar ppasaar domestik suatu negara.
Pengertian mengenai istilah internasional dan global baru jelas perbedaannya bila kita menggunakan kedua istilah tersebut dalam kaitan dengan jenis-jenis perusahaan yang bergerak di pasar luar negeri yang tentu saja akan berbeda dalam strategi pemasaran serta aspek-aspek lainnya. Dalam hal ini dapat kita katakan bahwa pemasaran global merupakan salah satu bagian dari pemasaran internasional dalam arti luas. Berarti pemasaran global termasuk sub atau jeniis-jenis dari pemasaran internasional.
Pengertian mengenai istilah internasional dan global baru jelas perbedaannya bila kita menggunakan kedua istilah tersebut dalam kaitan dengan jenis-jenis perusahaan yang bergerak di pasar luar negeri yang tentu saja akan berbeda dalam strategi pemasaran serta aspek-aspek lainnya. Dalam hal ini dapat kita katakan bahwa pemasaran global merupakan salah satu bagian dari pemasaran internasional dalam arti luas. Berarti pemasaran global termasuk sub atau jeniis-jenis dari pemasaran internasional.
Secara eksplisit, Cateora dan Graham mengemukakan pengertian pemasaran internasional yang berbeda dengan pengertian pemasaran global seperti yang dikemukakan oleh Douglas dan Craig.
Pengertian pemasaran internasional menurut Cateora dan Graham (2002 : 7), yaitu kinerja kegiatan-kegiatan bisnis yang yang didesain untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mengarahkan arus barang dan jasa sebuah perusahaan kepaa para konsumen atau para pemakai di lebih dari satu bangsa untuk mendapat keuntungan.
Sedangkan menurut Kotabe dan Helsen (2004: 17) pemasaran global mengacu pada kegiatan-kegiatan oleh perusahaan-perusahaan yang menekankan :
- Upaya-upaya standardisasi program-program pemasaran lintas negara yang berbeda khususnya berkaitan dengan penawaran produk, bauran promosi, harga dan struktur saluran. Upaya-upaya ini meningkatkan peluang untuk mentransfer produk, merek, dan ide-ide lainnya antar para anak perusahaan dan membantu menghadapi munculnya para pelanggan global.
- Koordinasi lintas pasar, yaitu pengurangan in-efesiensi biaya dan duplikasi upaya-upaya diantara anak-anak perusahaan nasional dan regional mereka.
- Integrasi global, maksudnya adalah berpartisipasi dibanyak pasar dunia utama untuk memperoleh peningkatan kemampuan bersaing dan integrasi yang efektif dari kampanye bersaing perusahaan lintas pasar tersebut dengan kemampuan untuk mensubsidi operasi-operasi di beberapa pasar dengan sumber-sumber daya yang dihasilkan di pasar negara lain dan merespon pada serangan-serangan persaingan didalam sebuah pasar dengan melakukan serangan balik di pasar negara lain.
Perbedaan perusahaan internasional dan perusahaan global
Perusahaan Internasional
• Fokus : Pasar domestik identik dengan pasar luar negeri
• Visi : Kriteria ditentukan sendiri
• Orientasi : Etnosentrik (sifat pasar / konsumen dimanapun sama)
• Strategi : Internasional
• Struktur : Divisi internasional
• Strategi Pemasaran : Perluasan
• Fokus lokasi litbang : Negara asal
• Sumber Daya Manusia : Orang negeri asal ditempatkan di posisi kunci dimana saja
• Gaya Operasi : Sentralisasi
• Kebijakan finansial : Tergantung pasar keuangan negara asal
• Kebijakan investasi : Sumber dari negara asal
Perusahaan Global
• Fokus : Realitas : ada perbedaan dan persamaan dalam pasar dunia
• Visi : Melihat dunia sebagai susunan yang kompleks
• Orientasi : Geocentric (konsumen untuk setiap negara ada kesamaannya dan perbedaannya), jadi strateginya standarisasi tapi juga penyesuaian.
• Strategi : Global
• Struktur : Struktur campuran / matrik
• Strategi Pemasaran : Perluasan, adaptasi, penciptaan
• Fokus lokasi litbang : Negara asal dan tuan rumah terintegrasi
• Gaya Operasi : Orang terbaiklah tanpa memadang dari mana asalnya yang memegang posisi kunci Integrasi
• Kebijakan finansial : Mencari sumber keuangan paling murah dipasar dunia
• Kebijakan investasi : Subsidi silang dan dapat ditransfer antar negara untuk mendukung strategi global.
Sumber :
Kristanto, Jajat. 2010. Manajemen Pemasaran Internasional : sebuah pendekatan Strategi. Jakarta. Penerbit Erlangga
http://royalcharter.blogspot.co.id/2013/10/Perbedaan-Perusahaan-Internasional-Multinasional-dan-Global.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar