Kamis, 14 April 2016

Tanya Jawab seputar Manajemen Pemasaran Global

Pertanyaan 1 : 
Mengapa pertumbuhan ekonomi menjadi faktor pendorong pertumbuhan pemasaran global?

Jawab :
Ada tiga alasan pertumbuhan ekonomi menjadi faktor pertumbuhan pemasaran global, yaitu
a. Pertumbuhan ekonomi telah menciptakan peluang pasar yang mendorong perusahaan berkembang secara global.
b. Pertumbuhan ekonomi telah mengurangi daya tahan melawan masuknya perusahaan asing ke perekonomian lokal.
c. Pergeseran di dunia terhadap deregulasi dan privatisasi, misal privatisasi pada telepon



Pertanyaan 2 :
Jelaskan strategi yang harus digunakan dalam pemasaran global !

Jawab :
Ada banyak sekali strategi yang harus digunakan perusahaan untuk memasuki pasar global, diantaranya adalah 
a. Melakukan ekspor impor
b. Membuka kantor perwakilan atau cabang, 
Jika kita ingin memasarkan produk kita secara global, maka harus membuka cabang di berbagai negara yang menjadi sasaran kita dalam memasarkan produk kita.
c. Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi
Maksudnya lisensor (pihak pemberi lisensi) membuat persetujuan dengan menerima lisensee bahwa lisensee (penerima lisensi) memperoleh hak untuk menggunakan proses/teknologi produksi, merk dagang, paten, dan lain sebagainya dengan membayar fee kepada lisensor. Manfaatnya sendiri bagi lisensor adalah dapat memasuki pasar asing dengan risiko yang rendah.
d. Melakukan franchising
Yaitu bentuk kerjasama tertulis antara franchisor dan franchise yang diberi hak untuk mendistribusikan produk atau jasa dalam periode dan wilayah tertentu yang diberikan oleh franchisor.
e. Membuka usaha patungan (joint venture)
Maksudnya adalah antara investor luar negeri dan ikal membentuk usaha patungan dimana mereka membagi kepemilikan dan control.
f. Melakukan akuisisi perusahaan lain
Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian saham suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Keuntungannya adalah akuisisi dapat menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru dan akuisis dapat juga memberikan jalan untuk ekspansi internasional.


Pertanyaan 3 :
Dalam prinsip perusahaan pemasaran ada prinsip prinsip persaingan yang harus diperhatikan yaitu perusahaan tidak sekedar mengejar keuntungan jangka pendek, tetapi menciptakan nilai pelanggan untuk jangka panjang. Lalu bagaimanakah cara atau rumus untuk menciptakan nilai itu sendiri?

Jawab :
Ada lima alternatif rumus untuk menciptakan nilai pelanggan :
- Meningkatkan manfaat, menurunkan biaya produk
- Meningkatkan manfaat, menjaga biaya tetap konstan
- Menjaga manfaat konstan, menurunkan biaya produk
- Secara signifikan meningkatkan manfaat, meningkatkan biaya
- Menurunkan manfaat, secara signifikan menurunkan biaya


Pertanyaan 4 :
 Apa perbedaan sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis ?

Jawab :
Perbedaan konsep ekonomi kapitalis dan sosialis
Konsep dari ekonomi kapitalisme sumber kekayaan itu sangat langka dan harus diperoleh dengan cara bekerja keras dimana setiap perorangan boleh memiliki kekayaan yang tiada batas untuk mencapai tujuan hidupnya. Dalam sistem ekonomi kapitalisme perusahaan dimiliki oleh perorangan. Terjadinya pasar dan terjadinya demand and supply adalah ciri khas dari ekonomi kapitalisme. Keputusan yang diambil atas isu yang terjadi seputar masalah ekonomi sumbernya adalah dari kalangan kelas bawah yang membawa masalah tersebut ke level yang lebih atas.
Sedangkan konsep ekonomi sosialisme, sumber kekayaan itu sangat langka dan harus diperoleh lewat pemberdayaan tenaga kerja (buruh), disemua bidang pertambangan, pertanian, dan lainnya. Dalam sistem sosialisme semua bidang usaha dimiliki dan diproduksi oleh negara. Tidak terciptanya pasar dan tidak terjadinya supply and demand karena negara yang menyediakan semua kebutuhan rakyatnya secara merata. Perumusan masalah dan keputusan ditangani langsung oleh negara.


Pertanyaan 5 :
Apa saja segmentasi pasar dalam pasar global ?

Jawab :
Segmentasi pasar global yaitu :
a. Pemasaran Massal (Mass marketing), yaitu penjual memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan secara masal sebuah produk kepada seluruh pembeli. Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.
b. Pemasaran segmen, yaitu perusahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen.
c. Pemasaran ceruk berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memila suatu segmen menjadi beberapa subsegmen.
d. Pemasaran mikro, yaitu praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengaan citarasa individu atau lokasi tertentu.


1 komentar:

  1. Sangat informatif sekali, semangat ! xD keep goin on your work

    BalasHapus